Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Perdesaan, Pemkab Pandeglang Kerja Sama dengan Pemerintah Kanada

  • Whatsapp

PANDEGLANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang dengan Pemerintah Kaplpa menjalin kerja sama pembangunan kawasan perdesaan sebagai upaya meningkatkan perekonomian masyarakat perdesaan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Ekonomi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pandeglang, Tanti Yulianti saat menggelar Workshop Tim Koordinasi Pembangunan Kawasaan Perdesaan (TKPKP) di Aula Kantor Bappeda, Kamis (3/9/2020).

Muat Lebih

Lebih lanjut Ia mengatakan Pemkab Pandeglang mendapatkan kepercayaan dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia (Bappenas) dan Pemerintah Kaplpa untuk melaksanakan program National Support For Local Investment Climates (NSLIC) melalui program bantuan Responsive Innovation Fund (RIF) dengan bantuan anggaran sebesar satu miliar.

“Melalui program ini pemerintah daerah diberi kesempatan untuk dapat mengelola dan meningkatkan potensi sumber daya yang kita miliki,” kata Tanti melalui siaran tertulis.

Ia menambahkan kerja sama peningkatan pembangunan kawasan perdesaan dengan Pemerintah Kaplpa difokuskan di kawasan perdesaan terutama pada Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional (KPPN) dan agro wisata yang berada di Kecamatan Labuan dan Jiput, sedangkan pengembangan ekonominya menyasar pada pemanfaatan sumberdaya alam terutama di sektor peplpanan dan pengembangan sumberdaya manusia yaitu para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Dan keterlibatan pemberdayaan perempuan, sehingga nantinya produk-produk Pandeglang memiliki nilai tambah dan daya saing yang lebih baik. Oleh karena itu dengan adanya program pembangunan kawasan perdesaan kita mengelar Workshop Tim TKPKP guna penajaman rencana aksi,” ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Pandeglang Pery Hasanudin mengatakan pemerintah daerah sangat merespon program dan kerja sama ini, karena menurutnya program pembangunan kawasan perdesaan yang digagas oleh Bappenas dan Pemerintah Kaplpa tentunya sangat bermanfaat untuk pemberdayaan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Pandeglang.

(Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *