Bendungan Sindang Heula Pasok Persediaan Air di Tiga Kabupaten/Kota di Banten

  • Whatsapp

SERANG – Anggota Komisi V dari Dapil Jambi Hasan Basri Agus mengapresiasi Pemprov Banten yang telah melakukan penganggaran bagi pengadaan lahan untuk pembangunan bendungan Sindang Heula di Desa Sindang Heula, Kabupaten Serang.

“Saya kira bagus (Pemprov) Banten ini, daerah lain patut mencontoh, kalau untuk keperluan daerah, kenapa tidak pemda inisiatif mengadakan lahan, biar (pemerintah) pusat juga cepat membangunnya,” kata Hasan melalui siaran tertulis, Sabtu (19/9/2020).

Muat Lebih

Untuk diketahui, Bendungan Sindang Heula merupakan satu dari 49 bendungan baru yang dibangun Kementerian PUPR pada tahun 2015-2019, dalam rangka mewujudkan ketahanan air dan pangan nasional.

Manfaat pembangunan Bendungan Sindang Heula adalah untuk penyediaan air RKI (rumah tangga, perkotaan dan industri) untuk Kabupaten Serang, Kota Serang dan Kota Cilegon sebesar 0,80 m3/ detik, dan suplai air irigrasi sebesar 0,80 m3/ detik.

Selain itu, Bendungan Sindang Heula juga dijadikan sebagai pengendali banjir dari hilir Kabupaten Serang dan Kota Serang dengan kapasitas tampung banjir sebesar 1,5 juta meter kubik, untuk menyediakan sarana rekreasi dan tujuan wisata air, dan konservasi alam serta potensi pembangkit listplp sebesar 0,40 megawatt.

(Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *