JMSI Banten Gandeng ACT Bantu Korban Gempa di Pandeglang

  • Whatsapp

Beritabanten.com- Organisasi perusahaan pers Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) bekerjasama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) menyalurkan bantuan untuk korban gempa bumi Pandeglang.

Kegiatan ini sekaligus untuk memperingati HUT JMSI ke-2 dan Hari Pers Nasional (HPN) 2022.

Sebelumnya, belasan kecamatan di Kabupaten Pandeglang terkena gempa bumi dengan magnitudo 6,7 pada Jumat, (14/1/2022). Adanya gempa tersebut merusakan bangunan rumah dan sekolah.

Di antaranya, kecamatan yang parah terkena gempa itu Kecamatan Cikeusik, Cibaliung, Cimanggu, Panimbang, dan Carita.

Salah satu korban, Kartini yang mendapat bantuan mengucapkan terima kasih adanya bantuan dari ACT yang bekerjasama JMSI. Bantuan yang diterima akan meringankan bebannya.

“Terimakasih ya semoga tambah berkah,” katanya, Selasa, (1/2/2022).

Dirinya mengharapkan agar semua warga di wilayahnya yang terkena gempa mendapat bantuan. Sementara saat terjadi gempa ia berada di luar rumah yang hendak mengantar anaknya mengaji.

Tiba-tiba perabotan yang ada di dalam rumahnya berjatuhan dan dinding rumah bergetar. Atas kejadian itu dirinya panik dan mencari tempat yang aman bersama yang lain.

Ketua Cabang ACT Serang Raya Ustad Zaenal Arifin mengatakan, ACT selain menyalurkan bantuan material juga mengadakan program Trauma Healing dan Istighosah untuk para korban gempa bumi di Pandeglang.

“Karena gempa di sini bertubi-tubi, maka kita ajak mereka untuk menghilangkan ketakutan dan jangan stres. Sementara lewat Istigosah kita memohon ampunan kepada Allah adanya musibah ini,” ujarnya.

Menurutnya, adanya gempa berakibat juga pada korban materi. Sebanyak 1.400 unit rumah rusak, rumah yang rusak berat ada 100 unit dan untuk di Kecamatan Cikeusik ada 40 rumah yang rusak ringan.

Pasca gempa ACT telah menyalurkan bantuan natura kepada warga. Natura itu berbentuk sembako, seperti ada susu, makanan ringan, pampers, dan lain-lain. Sedangkan bantuan rutin adalah paket nasi.

“Alhamdullilah sebanyak 1.250 paket nasi food truck kita salurkan ditiga lokasi. Cibaliung, Sumur dan Cikeusik,” terangnya. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *